Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel

Pendahuluan

Setelah sebelumnya kita berhasil menginstall Cyberpanel. Artikel kali ini kita membahas tentang Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel. Karena konfigurasi dasar ini sangatlah penting dan belum terlalu banyak yang membahasnya.

konfigurasi dasar cyberpanel
Konfigurasi Dasar Cyberpanel

Mungkin kalian bingung ketika sudah menginstall Cyberpanel. Lalu apa lagi yang harus dilakukan ?. Karena tidak banyak artikel yang membahas tentang Cyberpanel. Mungkin ada saja. Namun lagi – lagi artikel berbahasa inggris dan sangat sulit untuk kita pelajari. Maka dari itu kali ini kita akan kumpas sedetail mungkin tentang

Berikut Apa Saja Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel :

Hubungkan Domain ke Cyberpanel

Point Domain
Point Domain

Menghubungkan domain sangatlah penting. Karena jika tidak maka kita hanya bisa mengaksesnya melalui ip dan kalian pasti tidak menginginkan itu. Nah untuk itu kita melakukan point domain supaya website bisa diakses ketika domain kita dipanggil.

Berikut kami akan menjelaskan cara point domain menggunakan pihak ketiga yaitu cloudflare.

Pertama tama yang perlu kalian lakukan saat ingin melakukan point domain menggunakan cloudflare adalah mensetting terlebih dahulu nameserver domain kalian ke name server cloudflare.

Nah jika kalian sudah mengubah nameserver pada domain kalian, langkah selanjutnya adalah hubungkan domain kalian ke ip vps yang kalian miliki yang sudah terinstall Cyberpanel. Berikut adalah cara menghubungkan Cloudflare ke ip vps yang sudah terinstall Cyberpanel.

Pertama tama kalian login Cloudflare terlebih dahulu :

login cloudflare
Login Cloudflare

Selanjutnya kalian pergi ke DNS. Maka kalian akan di arahkan ke halaman DNS Managemen seperti gambar berikut ini :

DNS Manajemen
DNS Manajemen

Setelah bera da dihalaman DNS, Kalian cukup klik menu Add record dan tambahkan sebuah record seperti gambar di atas, penjelasan :

  • Type : A record
  • Name : Domain Kalian
  • Content : Ip Vps Kalian
  • TTL : Auto
  • Proxy Status : Proxied
Baca Juga :  Bagaimana Cara Install Wordpress di Cyberpanel ?

Nah begitulah cara mudah untuk point domain, dari Cloudflare ke Cyberpanel. Sangat mudah bukan !

Menambah Nameserver Cyberpanel

Setalah kalian paham tentang cara menghubungkan domain ke Cyberpanel, Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel selanjutnya yaiutu Menambah Nameserver Cyberpanel. Berikut kami akan menjelaskan tentang Cara Menambah Nameserver Cyberpanel :

Pertama tama kalian pergi ke menu DNS, kemudian kalian pilih Create Nameserver maka akan tampil seperti gambar berikut :

create nameserver cyberpanel
Create Nameserver

Jika kalian sudah berada dihalaman seperti diatas, langkah selanjutnya kalian cukup mengisi form diatas dan klik Create Nameserver. Berikut kami jelaskan form – form diatas :

  • Domain Name : Nama Domain Kalian
  • First Nameserver : Nameserver pertama yang kalian Inginkan Contoh : NS1.PAYSOV.COM
  • IP Addres : IP Vps Kalian
  • Second Nameserver (Back up) : Nameserver kedua yang kalian inginkan contoh : NS2.PAYSOV.COM
  • IP Addres : IP Vps Kalian dan pastikan sama dengan ip yang pertama

Setelah kalian Menambah Nameserver Cyberpanel, jangan lupa kalian juga perlu mensetting DNS juga di Cludflare kalian, seperti contoh berikut :

Setting Nameserer Cloudflare
Setting Nameserver CLoudflare

Nah begitulah cara Menambah Nameserver Cyberpanel, Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel ini sangat diperlukan jika kalian memiliki lebih dari satu website.

Mengatur SSL Cyberpanel

SSL Sangatlah penting untuk sebuah website karena tanpa SSL website kita akan terlihat tidak profesional karena google sendiri sudah mengidentifikasi Not Secure atau tidak aman. berikut kami kan jelaskan cara untuk Mengatur SSl Pada Cyberpanel :

Petama tama kalian pergi ke menu SSL kemudian pilih Hostname SSL seperti gambar berikut :

Hostname SSL Cyberpanel
Hostname SSL Cyberpanel

Langkah berikutnya kalian cukup select website yang kalian gunakan sebagai Hostname kemudian kalian klik Issue SSL seperti gambar berikut :

Issue SSL Cyberpanel
Issue SSL Cyberpanel

Begitulah cara mengatur SSL Cyberpanel. sangat mudah bukan !

Baca Juga :  Cara Install Cyberpanel di Ubuntu

Penutup

Sekian artikel tentang Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel. Apakah kalian sudah mulai mengerti sekarang ?. Jika kalian belum paham. Kalian bisa bertanya di komentar. Dan Dengan senang hati kami akan berusaha menjawab setiap pertanyaan anda.

Namun jika kalian masih bingung untuk cara instalasinya kalian tidak usah khawatir karena kami telah menyediakan jasa instalasi Cyberpanel, pesan disini.

6 komentar untuk “Konfigurasi Dasar Setelah Menginstall Cyberpanel”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: